Pengertian Bahasa Pemrograman Java

Dalam tutorial ini kita akan  belajar bahasa pemrograman Java di Gubok Koding ini kita akan berkenalan dengan bahasa Java, mulai dari pengertian bahasa pemrograman Java, sejarah singkat, serta apa keunggulan dan alasan kita belajar bahasa Java.

Mengapa Harus Belajar Java?


Ya kenapa kita harus belajar java ? karena implementasi bahasa Java sendiri juga sangat beragam. Java bisa dipakai untuk membuat aplikasi desktop, membuat website (server side), hingga yang membuat Java seolah-oleh reborn adalah penggunaannya di aplikasi Android.

Java adalah bahasa native atau bahasa asli yang dipakai untuk membuat aplikasi android, sehingga jika anda berencana untuk fokus mempelajari pembuatan aplikasi android, maka belajar Java adalah pilihan yang paling tepat.

Pengertian Pemrograman Java


 
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di beberapa perangkat elektronik seperti komputer, telepon genggam dan perangkat lain yang mendukung java. Java tidak tergantung dengan platform dimana ia dijalankan, dengan kata lain java bisa dijalankan di beragam sistem operasi seperti Windows, Linux, Macintosh dan lainnya, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems dan saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa pemrograman java banyak mengadopsi sintaks yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaks model objek yang lebih sederhana. Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.
Pengertian lainnya tentang java, Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. Para pemrogram Java banyak mengambil keuntungan dari kumpulan kelas di pustaka kelas Java, yang disebut dengan Java Application Programming Interface (API). Kelas-kelas ini diorganisasikan menjadi sekelompok yang disebut paket (package). Java API telah menyediakan fungsionalitas yang memadai untuk menciptakan applet dan aplikasi canggih. Jadi ada dua hal yang harus dipelajari dalam Java, yaitu mempelajari bahasa Java dan bagaimana mempergunakan kelas pada Java API. Kelas merupakan satu-satunya cara menyatakan bagian eksekusi program, tidak ada cara lain. Pada Java program javac untuk mengkompilasi file kode sumber Java menjadi kelas-kelas bytecode. File kode sumber mempunyai ekstensi *.java. Kompilator javac menghasilkan file bytecode kelas dengan ekstensi *.class. Interpreter merupakan modul utama sistem Java yang digunakan aplikasi Java dan menjalankan program bytecode Java.



Java sebagai salah satu bahasa pemrograman yang sudah berumur dari era 1990-an, kian berkembang dan melebarkan dominasinya di berbagai bidang. Salah satu penggunaan terbesar Java adalah dalam pembuatan aplikasi native untuk Android. Selain itu Java pun menjadi pondasi bagi berbagai bahasa pemrograman seperti Kotlin, Scala, Clojure, Groovy, JRuby, Jython, dan lainnya yang memanfaatkan Java Virtual Machine sebagai rumahnya.

Java pun akrab dengan dunia saintifik dan akademik. Cukup banyak akademisi di Indonesia yang menggunakan Java sebagai alat bantu untuk menyelesaikan skripsi atau tugas akhir dengan berbagai topik yang didominasi kecerdasan buatan, data mining, enterprise architecture, aplikasi mobile, dan lainnya. Di dunia web development sendiri, Java memiliki berbagai web framework unggulan seperti Spring, Play Framework, Spark, Jakarta Struts, dan Java Server Pages.

Oke, cukup cuap - cuapnya,Demikian Tutorial kali ini, terimakasih atas kunjungannya.

1 Comments