Pengertian dan Tujuan Laravel


 Apa itu laravel? laravel adalah sebuah web application framework dengan syntax yang elegan dan expressive. Web application framework adalah sebuah kerangka yang di desain untuk mendukung pembangunan website, maksudnya kerangka adalah pada saaat kita membangun website framework ini menyediakan standar/cara untuk membuat aplikasinya.

Di dalamnya juga framework ini bertujuan untuk mengotomasi hal-hal umum yang biasanya dilakukan saat kita membangun aplikasi web contohnya: koneksi ke database,templating engine,pengelolaan session dll.

 

Pembuat/PendiriLaravel

Laravel dibuat pada juni 2011 oleh Taylor otwell, pada awalnya beliau membuat framework laravel sebagai alternatif framework didalam bahasa pemograman php selain Codeigniter. Sampai sekarang versi terbarunya adalah versi 8 yang artinya sudah melalui beberapa kali perbaikan/perubahan.

Taylor otwell mempunyai filosofi terhadap bahasa laravelnya

“Kita Percaya Kalau Proses Pengembangan Aplikasi/Perangkat Lunak Itu Harus Bisa Dinikmati Dan Juga Pengalaman Yang Keratif Yang Bisa Memberikan Kepuasan Dan Kebahagiaan”

Tujuan Laravel

Tujuan Dibuatnya laravel adalah untuk membuat proses pengambangan itu bisa dinikmati oleh developernya tanpa harus mengorbankan fungsionalitas aplikasinya

Fitur Utama Pada Laravel

· MVC

· Templating Engine

· Artisan Console

· Eloquent ORM

· Authentication & Authorization

· Testing

· Packaging System

· Multiple File System

· Task Scheduling

· Websocket Programming

Demikian pengertian & tujuan laravel semoga bermanfaat.

0 Comments