contoh soal dan jawaban pemodelan perangkat lunak kelas xi




1. Kumpulan objek yang telah memliliki atribut dan operasi yang sama disebut…
A. Actor
B. Use case
C. Class
D. Interface
E. Interaction
2. Kumpulan operasi tanpa implementasi dari suatu class adalah…
A. Actor
B. Use case
C. Class
D. Interface
E. Interaction
3. Komponen yang berfungsi untuk menunjukkan aliran pesan atau informasi antar objek maupun hubungan antar objek adalah ….
A. Actor
B. Use case
C. Class
D. Interface
E. Interaction
4. Abtraksi dari sesuatu yang mewakili dunia nyata disebut…
A. Benda
B. Class
C. Atribut
D. Model
E. objek
5. Proses pewarisan data dan method dari suatu class kepda class yang lain disebut…
A. Encapsulation
B. Inheritance
C. Polymorphsim
D. Overriding
E. Overloading
6. Di bawah ini yang bukan merupakan objek adalah….
A. Tempat
B. Benda
C. Manusia
D. Satuan organisasi
E. Method
7. Perbedaan communication diagram dan sequence diagram terletak pada….
A. Bentuk objek
B. Alur objek
C. Bagan objek
D. Class objek
E. Peranan masing - masing objek
8. Di bawah ini yang bukan manfaat use case diagram adalah…
A. Interface yang tidak harus di miliki sistem
B. Digunakan untuk verifikasi
C. Digunakan untuk berkomunikasi dengan end user dan domain expert
D. Memastikan pemahaman yang tepat tentang requirement/kebutuhan sistem
E. Digunakan untuk mengidentifikasi siapa yang berinteraksi dengan sistem dan apa yang harus dilakukan sistem
9. Urutan kegiatan yang dilakukan actor dan sistem untuk mencapai suatu tujuan tertentu disebut…
A. Actor
B. Use case
C. Class
D. Interface
E. Interaction
10. Memberi keterangan atau komentar tambahan dari suatu elemen sehingga bisa langsung terlampir dalam model adalah fungsi…
A. Note
B. Dependency
C. Association
D. Generation
E. Realization
11. Relasi yang menunjukkan bahwa perubahan data pada salah satu elemen memberi pengaruh pada elemen lain disebut…
A. Note
B. Dependency
C. Association
D. Generalization
E. Realization
12. Berikut ini yang tidak termasuk karakteristik objek adalah….
A. Memiliki atribut
B. Memiliki behaviour
C. Memiliki klasifikasi
D. Memiliki ukuran yang besar
E. Memliki identitas
13. Fungsi di dalam class yang dikombinasikan ke bentuk tingkal laku class di sebut….
A. Operation
B. Class
C. Atribut
D. UML
E. Objek
14. Berikut yang tidak termasuk diagram yang digunakan dalam UML adalah…
A. Flowchat diagram
B.  State diagram
C. Sequence diagram
D. Class diagram
E. Activity diagram
15. Sesuatu yang mengindikasikan adanya komunikasi antar objek serta di gambarkan dengan anak panah horizontal antara kotak persegi di sebut…..
A. Lifeline
B. Message
C. Actor
D. Activation
E. Instance specification
16. Class yang menangani informasi yang disimpan dalam penyimpanan tetap adalah…
A. Main
B. Model
C. Control
D. Boundary
E. Entity
17. Class yang mendefinisikan dan mengatur tampilan ke pemakai adalah class….
A. Main
B. View
C. Controller
D. Model
E. Sistem
18.  yang menandakan garis hidup pada sistem adalah …..
A. Actor
B. Lifeline
C. Lifetime
D. Entiy class
E. Boundary class
19. Relasi sequence diagram yang menggambarkan orang yang sedang berinteraksi dengan sistem adalah..
A. Actor
B. Lifeline
C. Create
D. Boundary class
E. Entity class
20. Bentuk diagram yang menggambarkan interaksi antar objek didalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, tampilan , dan sebgainya) berpa pesan yang digambarkan terhadap waktu disebut…
A. Activity diagram
B. Objek diagram
C. Usecase diagram
D. Sequence diagram
E. UML
21. Sesuatu yang mengidikasikan sebuah objek yang akan melakukan sebuah aksi dan di notasikan berupa sebuah kotak persegi empat yang digambarkan pada garis putus-putus adalah…
A. Actor
B. Objek
C. Lifetime
D. Lifeline
E. Message
22. Area pokok yang berfungsi untuk memberi karakteristik pada data yang dimiliki suatu objek di dalam class adalah…
A. Data
B. Fungsi
C. Nama
D. Operasi
E. Atribut
23. Area pokok yang berfungsi untuk memberikan sebuah fungsi ke sebuah objek adalah…
A. Data
B. Fungsi
C. Nama
D. Operasi
E. Atribut
24. Hubungan statis antar-class adalah
A. Asosiasi
B. Pewarisan
C. Agregasi
D. Generalisasi
E. Hubungan dinamis
25. Class yang memiliki fungsi awal ketika sistem dijalankan adalah class…
A. Main
B. Controller
C. View
D. Model
E. Sistem
26. Class yang menangani fungsi-fungsi yang harus ada diambil dari pendefinisian use case adalah class….
A. Main
B. Controller
C. View
D. Model
E. sistem
27. Rangkaian pesan (message) yang disampaikan dari satu class kepada class lain adalah…
A. Assosiasi
B. Pewarisan
C. Agregasi
D. Generalisasi
E. Hubungan dinamis
28. Activity diagram biasanya digunakan untuk menggambarkan…
A. Aktivitas
B. Objek
C. Class
D. Hubungan antar objek
E. Alur kerja
29. Actor bisanya menggunakan kata…
A. Benda
B. Kerja
C. Sifat
D. Perintah
E. Petunjuk
30. Aktivitas biasanya menggunakan kata…
A. Benda
B. Kerja
C. Sifat
D. Perintah
E. Petunjuk
 
31.   Simbol    pada activity diagram berfungsi….
A. Sebagai titik awal, untuk memulai suatu aktivitas
B. Sebagai titiik akhir, untuk mengakhiri suatu aktivitas
C. Menandakan aktivitas
D. Sebagai pilihan untuk mengambil keputusan
E. Sebagai tanda waktu

32. Simbol  pada aktivity diagram berfungsi ….
A. Sebagai titik awal, untuk memulai suatu aktivitas
B. Sebagai titik akhir untuk mengakhiri aktivitas
C. Menandakan aktivitas
D. Sebagai pilihan untuk mengambil keputusan
E. Sebagai tanda waktu
33. Dokumen berikut yang tidak termasuk kedalam tahap desain sstem adalah…
A. Bagan alur
B. Tabel keputusan
C. Gambaran program
D. Diagram alur logika
E. Manual kerja
34. Kumpulan dokumen yang berkaitan dengan prosedur-prosedurasi mencakup aplikasi-aplikasi tertentu adalah…
A. Deskripsi program
B. Manual operasi
C. Deskripsi file
D. Rencana pengujian
E. Rencana audit
35. Meta data yang berupa informasi yang lebh detail dalam menjelaskan isi dari sumberdata adalah…
A. Discovery metadata
B. Exploration metadata
C. Exploitation metadata
D. Metadata organisasi
E. Metadata koleksi
36. Simbol component diagram yangberupa relasi antar komponen adalah…
A. Package
B. Interface
C. Komponen
D. Link
E. Dependency
37. Diagram yang digunakan memetakan software ke prossesing node adalah…
A. State diagram
B. Component diagram
C. Deployment diagram
D. Dependency diagram
E. Use case diagram
38. Kumpulan dari bebeapa states dalam sebuah region adalah…
A. Composite state
B. Orthogonal state
C. Component state
D. Substite
E. Case state
39. Kumpulan method dan atribut yang dapat dipakai pada class tanpa menjadi behavior suatu class adalah…
A. Provide
B. Required
C. Interface
D. Machines
E. Protocol state
40. Notasi dalam statechart diagram yang digambarkan berbentuk segi empat dengan sudut membulat dan memiliki nama sesuai kondisinya saat itu adalah…
A. State
B. Start
C. End
D. Guard
E. Event iteration
41. State machine diagram yang digunakan untuk mendefinisikan laku sebuah objek adalah….
A. Protocol state machines
B. Behavior state machines
C.  Interface
D. Provide
E. Requid
42. Di bawah ini yang bukan termasuk dokumentasi pada fase/tahap  perencanaaan dan analisis sistem adalah…
A. Studi kelayakan
B. Diagram alur logika
C. Bagan alur
D. Kamus data
E. Spesifikasi pemakai
43. Di bawah ini yang bukan dokumentasi pada fase/tahap desain sistem adalah…
A. Kamus data
B. Tabel keputusan
C. Gambaran program
D. Manual kerja
E.  Prosedur masukan data
44. Dibawah ini yang termasuk dokumentasi pada fase/tahap impementasi adlah…
A. Rencana konversi(pengubah)
B. Studi kelayakan
C. Tabel keputusan
D. Rencana pengujian
E. Rencana audit
45. Sekelompok unsur metadata bserta peratuturan untuk menggunakannya, yang dirancang untuk suatu tujuan spesifik adalah..
A. Metadata
B. Unsur metadata
C. Fungsi metdata
D. Skema metadata
E. Jenis metadata
46. Notasi sequence diagram yang menggambarkan ngiriman pesan adalah…
A. Actor
B. Entity class
C. Boundary class
D. Control class
E. Message
47. Hubungan antara elemen yang lebih umum ke elemen yang lebih spesifik desebut…
A. Note
B. Depedency
C. Association
D. Generalization
E. Realization
48. Hubungan sebuah class yang tergantung kepada class yang lain adalah…
A. Class
B. Objek
C. Association
D. Composition
E. Dependency
49. Untuk mempermudah penyusunan dalam melakukan perancangan sequence diagram adala fungsi dari..
A. Flowchart
B. Use case
C. Class
D. Actor
E. Class diagram tahap analisis
50. Kumplan dari objek-objek yang mewakili karakteristik sama disebut…
A. Objek
B. Class
C. Diagram
D. Properti
E. atribut

7 Comments

  1. astaga, ujian kok nyontek blog

    ReplyDelete
  2. jawabnnya yg mana ya
    di pertebal kh

    ReplyDelete
  3. Casino - Bracket betting guide for your chance to win
    The Casino is a unique 토토 casino that has been around for over 토토사이트 a apr casino decade. It has managed to offer great games such as Blackjack, Roulette febcasino and Video Poker, bsjeon.net

    ReplyDelete