Konsep Dasar Dan Model Pengembangan Perangkat Lunak Dan Gim

Perangkat lunak komputer terus menjadi satu teknologi paling dan akrab kita gunakan sehari-hari mulai dari belajar, bekerja, bermain hingga berbelanja kita bisa menggunakan perangkat lunak. Beberapa puluh tahun yang lalu mungkin kita tidak ada yang membayangkan bahwa perangkat lunak akan menjadi teknologi yang sangat diperlukan di berbagai lini seperti bisnis, sains, dan hiburan. Buku ini membahas konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan gim yang dalam kehidupan sehari – hari sering kita temukan atau jumpai.

  1. Definisi Perangkat Lunak dan Gim
  • Definisi Perangkat Lunak

Dari beberapa sumber pada buku pengertian dari gim adalah sebagai berikut: Perangkat lunak (software) adalah kumpulan instruksi atau program komputer (syntaks/code yang ditulis dalam bahasa pemrograman) yang ketika dijalankan menyediakan fungsi dan performa yang diinginkan. Perangkat lunak merupakan struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi dan dokumen yang menggambarkan cara menggunakan dan mengoperasikan program tersebut (Pressman)
 
Menurut IEEE & ISO 1997, perangkat lunak adalah merupakan kumpulan program komputer (sintak/kode), prosedur, fungsi, modul (kumpulan program yang memiliki tujuan dan fungsi tertentu), dokumentasi, dan kumpulan data yang diperlukan untuk mengoperasikan suatu sistem perangkat lunak. Sementara itu IEEE [IEE93] telah mengembangkan definisi yang lebih lengkap tentang rekayasa perangkat lunak (Software Engineering) yaitu merupakan aplikasi perangkat lunak yang bersifat sistematik, dalam pengembangannya menerapkan prinsip-prinsip rekayasa, metode pengembangan, operasi, dan maintenance dari Software; merupakan serangkaian studi yang menggunakan pendekatan rekayasa.” 
 
  • Definisi Gim
Dari beberapa sumber pada buku dan penelitian, pengertian dari game adalah sebagai berikut:
  1. Menurut International Game Development Association (IGDA), game adalah suatu kegiatan dengan beberapa rules dan tujuan. Game merupakan bentuk permainan dimana sering kali (tetapi tidak selalu) melibatkan konflik, baik dengan pemain lain, dengan sistem permainan itu sendiri, atau dengan acak/ nasib/ keberuntungan. Kebanyakan game memiliki tujuan tetapi tidak semua (Contoh: The Sims dan Simcity). Kebanyakan game juga telah menentukan titik mulai dan titik akhir, tetapi tidak semua. Contoh : World Warcraft). 
  2. Pengertian gim menurut J. Huizinga (“Homo Ludens - 1938) memberikan definisi permainan adalah aktivitas yang berlangsung dalam beberapa batasan ruang dan waktu, dalam urutan yang terlihat, berdasarkan kepada urutan yang secara bebas diterima dan diluar lingkup kebutuhan.  
  3. Menurut Adams (“Fundamentals of Game Design, Second Edition” - 2010), gim adalah :
  • Gim harus menghadirkan imajinatif, pengalaman koheren, sehingga desainer harus memiliki visi.
  • Gim harus menjual dengan baik, sehingga desainer harus mempertimbangkan selera konsumen.
  • Gim dengan lisensi berbayar harus kembali biaya lisensinya, sehingga desainer harus mengerti keuntungan lisensi dan memanfaatkannya sebagai keunggulan.
  • Gim harus menawarkan tantangan kecerdasan dan pengalaman mulus, sehingga desainer harus mengerti teknologi.
 
 Demikian pembahasan pengertian pengembangan perangkat lunak dan Gim. Semoga bermanfaat. terimakasih

0 Comments