Sejarah Perangkat Lunak dan Gim

Pada materi sebelumnya kita sudah membahas  tentang Pengertian Pengembbangan Perangkat Lunak dan Gim untuk kali ini admin akan membahas Sejarah Perangkat Lunak dan Gim.


 

Sejarah Perangkat Lunak 
 
Perangkat lunak awal yang diperkenalkan adalah penggunaan Aljabar Boolean yang memakai .111122p bilangan biner 1 dan 0. Dimana 1 adalah bernilai benar dan 0 salah. Bilangan biner mulai dikelompokan menjadi 2 bit, 4 bit, byte yang terdiri dari 8 bit, 32 bit. Dari kumpulan bit tersebut disusun ke dalam struktur kode instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika yang disebut assembler. Namun karena bahasa assembler yang sangat rumit dan membingungkan kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang  mirip dengan bahasa manusia.
Perangkat lunak berevolusi selama empat era, yaitu:
  1. Era Pioneer (1950-1960) Perangkat lunak pada era pioneer masih berupa sambungan-sambungan kabel yang dipindah-pindah antar bagian dalam komputer. Selain itu untuk mengakses komputer juga dapat menggunakan punched card yang berupa kartu yang diberi lubang. Pengggunaan komputer dilakukan secara langsung dan komputer tak lain masih sebuah mesin untuk tujuan tertentu dan hasil yang selesai dikerjakan berupa print out. Perangkat lunak pada periode ini masih menjadi satu dengan perangkat keras dan proses yang di dalam komputer masih berupa garis instruksi yang diproses secara berurutan. Komputer pada era ini masih terbatas dan dibuat  secara khusus.
  2. Era Stabil (1960- 1980) Pada era stabil perusahaan perangkat lunak mulai bermunculan dan perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi. Baris perintah yang dijalankan tidak hanya satu baris, namun dapat menangani banyak proses yang bisa dilakukan secara bersama (multi tasking). Selain itu perangkat lunak sudah bisa menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat atau langsung (real time). Karena perangkat lunak sudah dapat multi tasking, multi user, dan realtime penggunaan perangkat lunak mulai menyebar tidak hanya untuk kalangan peneliti dan akademi namun juga digunakan oleh kalangan industri. Pada era ini, sistem basis data mulai muncul dan perangkat lunak menjadi sebuah produk dari perusahaan. 
  3. Era Mikro (1980 sampai 1990) Pada era ini komputer dan jaringan komputer mulai berkembang. Sehingga pada era ini perangkat lunak juga berkembang menjadi dua bagian yaitu sistem perangkat lunak internal dan sistem perangkat lunak berupa aplikasi. Sistem perangkat lunak berupa aplikasi ini yang digunakan secara langsung oleh pengguna untuk tujuan tertentu. Pada perangkat lunak aplikasi sudah disematkan sistem automatisasi yang merupakan suatu jenis kecerdasan buatan. Pada era ini penggunaan komputer berkembang tidak hanya digunakan perusahaan namun digunakan secara personal. 
  4. Era Modern (1990-sekarang) Pada era modern perkembangan perangkat lunak sangat cepat. Bahkan sebuah telepon genggam sudah dilengkapi perangkat lunak yang tidak kalah dengan Personal Computer. Bahkan perangkat lunak yang terdapat di telepon genggam melebihi Personal Computer. Bahkan perangkat lunak yang terdapat di telepon genggam melebihi komputer itu sendiri seperti bisa menjadi remote AC, TV, printer dan sebagainya. Tidak hanya komputer dan telepon genggam namun TV, AC, mesin cuci, dan microwave sudah ditanamkan sistem perangkat lunak untuk dalam model pengoperasian. Bahkan sekarang semua perangkat dapat saling terhubung dengan kecanggihan teknologi yang berkembang. Pembuatan perangkat lunak pada era ini tidak hanya profesi beberapa orang, namun sudah melibatkan banyak orang dengan disiplin ilmu yang berbeda dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan perangkat lunak semakin ditingkatkan, tidak hanya mengetahui permasalahan teknis namun dapat mengenali suara dan gambar yang ditangkap.
Sejarah Gim 
 
Dalam paper-nya Teressa Dellon yang berjudul “Adventure Games for Learning and  Storytelling” membahas tentang sejarah gim dari tahun ke tahun. Berikut adalah sejarah dari  gim :
1) Pre-History (sebelum tahun 1970) 
 
a) Tahun 1889 (The Pre-History)
Fusajiro Yamauchi mendirikan Koppai Nitendo sebagai sebuah perusahaan kartu permainan di Jepang. Kemudian mereka menghilangan kata “Koppai” dari namanya dan kini hanya di kenal sebagai “Nitendo”.
b) Tahun 1917 (Perusahaan Magnavox)
Edwin Pridhan dan Petter L. Jensen bersaudara membentuk perusahaan Magnavox, mereka menciptakan penemuan moving-coil loudspeaker.
c) Tahun 1936 (Seeburg Ray O Lite)
Jukebox Manufacturer Seeburg Corporation meluncurkan Seeburg Ray-O-Lite, gim mekanik dimana pemain menembak bebek yang bergerak, mereka mengklaim gim arcade pertama dengan light gun.

d) Tahun 1947 (The Age Discovery)
Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann mengembangkan permainan elektronik pertama dengan menggunakan tabung sinar katoda menampilkan simulasi mereka menembakkan rudal ke sasaran yang ditempatkan di layar overlay.


Permainan Simulator Rudal Cathode Ray Tube Device Amusment
 
 
e) Tahun 1952 (Oxo Game)
Untuk tesisnya tentang interaksi manusia dan komputer, Alexander Sandy Douglas mengembangkan permainan komputer berbasis grafis pertama, ditambah dalam bidang kecerdasan buatan dengan permainan OXO (alias Noughts and Crosses).


v>
Permainan OXO Game
 
 
f) Tahun 1954 (Service Game Company / SEGA)
Pada tahun ini mulai di bangun Service Games Company (SEGA) dan mulai meng-import mesin pinball ke Jepang.

Mesin Pinball SEGA
 

g) Tahun 1958 (Permainan Tennis For Two)
Pada tahun 1958 di adakan demonstrasi pada hari kunjungan di Brookhaven National Laboratory, Kepala bagian Instrumentation Willy Higinbotham menciptakan Tennis for Two, permainan dua pemain yang terdiri dari sebuah titik (bola) yang mengetuk bolak balik melintasi garis. Setiap pemain menggunakan tombol untuk menembak bola dan menyesuaikan sudut untuk memukulnya.

Permainan Tennis For Two

h) Tahun 1961 – 1962 (Permainan Space War)

Teknisi komputer MIT, Stephen “Slug” Russell, Martin “Shag” Graetz, Wayne Witanen dan beberapa kontributor lain mengembangkan Spacewar sebagai demo untuk komputer PDP yang baru-1 (Programmed Data Processor-1). Permainan 1 player terdiri dari dua benda angkasa yang dikenal sebagai “wedge” dan “pencil” yang terbang dan saling menembakkan torpedo pada satu sama lain. 
 
i) Tahun 1966 – 1967 (The Brown Box)

Kontraktor pertahanan Baer Associates mempekerjakan Ralph Sanders untuk menciptakan permainan video untuk ditampilkan pada layar televisi. Permainan itu sendiri terdiri dari dua titik berkejaran. Dengan niat untuk mengembangkan teknologi sebagai sarana pelatihan bagi
militer, pemerintah terus untuk mendanai proyek dengan label top secret Proyek The Brown Box. Baer dan timnya juga menciptakan permainan tenis untuk Brown Box. 
 
j) Tahun 1969 (Game Online) 
 
Rick Blomme menciptakan program game online Spacewar (2 player) untuk PLATO, sistem sharing komputer umum pertama kali yang menjadi kakek dari jaringan komputer dan internet melalui sistem PLATO dua pemain dapat bersaing dalam Spacewar dari komputer yang terpisah.


2) Tahun 1971-1980
a) Tahun 1971 (The Golden Age
 
Computer Space dan Galaxy Game merupakan video game arcade coin-op pertama yang pernah dibuat. Hanya selang dua bulan dirilis, keduanya berdasarkan computer game PDP Spacewars.

b) Tahun 1972 (The First Generation Console – The Magnavox Odyssey dan Atari and Pong)
(1) Magnavox Ralph Baer melisensikan teknologi permainan televisi dari Sanders Associates dan dirilis ke publik sebagai Magnavox Odyssey. Sistem ini menggunakan kartu permainan yang dapat ditukar (disebut kartu), sebuah controller dengan dua tombol (satu untuk gerakan horisontal, yang lain untuk vertikal).
(2) Nolan Bushnell dan Ted Dabney membentuk Atari dengan tujuan mengembangkan permainan video yang tersedia secara komersial.
(3) Al Alcorn yang disewa oleh Atari yang baru membuat program rilis resmi pertama mereka, game arcade coin-op tenis bernama Pong.

c) Tahun 1973 (The Arcade Game)
(1) Space Race – Game 2 player dimana dua pesawat ruang angkasa berlomba sambil menghindari asteroid.
(2) Gotcha – permainan di mana satu pemain mengejar yang lain melalui sebuah labirin.
(3) Rebound – game volley 2 player.
d) Tahun 1974 (Grand Trak 10)

Gran Trak 10 (car racing game), Game arcade pertama berbasis ROM dirilis oleh Atari. Perusahaan baru bernama Kee Games mulai memproduksi game arcade salah satunya yang sukses adalah Tank.

e) Tahun 1975

Atari merilis versi pertama gim versi rumahan “Pong-eksklusif” melalui Sears Roebuck Adventure (a.k.a Colossal Cave Adventure) - komputer berbasis gim petualangan teks pertama yang diciptakan oleh Willie Crowther dan Don Woods. General Instruments mengembangkan chip AY-3-8500, sebuah kloning dari teknologi Atari’s Pong. Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS) merilis komputer desktop pertama, Altair 8800. 
 
f) Tahun 1976 (The Second Generation)

Gim Historic Arcade dirilis Breakout. Coleco merupakan perusahaan yang mengambil keuntungan dari instrumen chip AY-3-8500, bersama Telstar, membangun sistem yang berisi 3 game yang dapat dimainkan. The Fairchild Camera and Instrument Corp. merilis home video game console Fairchild Channel F. Steve Wozniak menciptakan computer desktop Apple-1. 
 
g) Tahun 1977 (Video Game Console)

Atari VCS (kemudian dikenal sebagai Atari 2600) membidik pasar rumahan. Bally-Midway masuk ke pasar console dengan Astrocade. Nintendo merilis sistem console rumah pertama mereka, Color TV Game 6. Di MIT’s Laboratory for Computer Sciences, Dave Lebling, Marc Blank, Tim Anderson, dan Bruce Daniels membuat gim petualangan berbasis teks, Zork, untuk PDP-10 minicomputer. Tiga inovasi komputer desktop rumah dirilis secara simultan yaitu Tandy TRS80, Commodore PET, dan yang paling populer dari kelompok ini adalah Apple II
 
h) Tahun 1978 (Arcades and Consoles)
 
Gaim arcade dirilis : Space Invaders, gim pertama yang menampilkan nilai tertinggi. Nintendo membuat gim komputer Othello pertama. Carol Shaw menciptakan 3D TicTac-Toe untuk Atari 2600. Magnavox merilis konsol generasi kedua mereka, Odyssey 2. The PDP-10 computer,MUD (multi-user dungeon), gim text multiplayer pertama yang dijalankan melalui ARPANET, yang berkembang dengan cepat dari kelompok sederhana dimana pemain dapat berpindah tempat dan melakukan chat, termasuk objek-objek, peristiwa, makhluk virtual, dan NPC (nonplayer character). Ini adalah pendahulu Massively Multiplayer Online Game (MMOG). 
 
l) Tahun 1979 (Arcades, Console and Computers)

Historic Arcade Games dirilis Asteroids, Basketball, Football - The first game to use a trackball controller, Galaxian, dan Lunar Lander. Sears merilis Tele-Games, sebuah clone dari Atari 2600. Mattel merilis console system, Intellivision. Perusahaan software Computer game Infocom mulai muncul. Atari mengembangkan console handheld menggunakan teknologi hologram yang disebut Cosmos. Milton Bradley merilis Microvision. 
 
m) Tahun 1980 (The Arcade Games) 
 
Historic Arcade Games dirilis : Pac-Man – Game paling populer sepanjang waktu. Battlezone – Game Arcade pertama yang menggunakan gambar 3D. Defender – Game pertama yang menggunakan virtual world. Mattel merilis Intellivision ke pasar. Gunpei Yokoi creates the Nintendo Game & Watch. Kelton Flinn and John Taylor membuat Dungeons of Kesmai, game RPG online komersial pertama.

0 Comments