Aspek dan Elemen pada Perangkat Lunak dan Gim

Selamat Datang di GUBUK KODING kali ini penuis akan membahas materi tentang Aspek dan Elemen pada Perangkat Lunak dan Gim. Materi ini merupakan lanjutan dari Sejarah perangkat Lunak dan GIM . Berikut Aspek dan Elemen pada Perangkat Lunak dan Gim.

 

    Secara garis besar fungsi, tujuan dan sejarah dapat mencirikan sebuah perangkat lunak dengan gim. Perangkat lunak digunakan sebagai perintah untuk melakukan sebuah aktivitas sedangkan gim berfungsi sebagai sarana hiburan. Selain itu untuk membedakan perangkat lunak dan gim kita dapat mengetahui elemen–elemen yang terdapat di dalamnya. Berikut adalah elemen–elemen yang terdapat pada perangkat lunak dan gim. 

 

a. Aspek pada Perangkat Lunak
    Aspek–aspek pada perangkat lunak ini perlu diperhatikan setiap kali mengembangkan perangkat lunak. Berikut merupakan atribut–atribut pada perangkat lunak :
1) Efisien
Perangkat lunak disimpan dan berjalan pada perangkat keras. Performa perangkat keras ini pasti berbeda–beda, kita harus memastikan bahwa perangkat lunak yang dibuat harus seefisien mungkin. Perangkat lunak t
idak boleh menggunakan sumber daya yang boros pada memori ataupun prosesor.
2) Mudah dirawat (maintainable)
Perangkat lunak tidak mengalami keausan dan perbaikannya tidaklah semudah mengganti suku cadang. Dengan demikian aspek kemudahan perawatan perangkat lunak perlu diperhatikan. Perangkat lunak harus dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat berevolusi untuk memenuhi perubahan kebutuhan pelanggannya. Jangan sampai setiap patch atau upgrade yang dibuat memerlukan tenaga, biaya yang lama seperti membuat perangkat lunak dari awal.
3) Dapat diterima
Terdapat dua jenis perangkat lunak: pertama yang diproduksi oleh pengembang perangkat lunak kemudian dipasarkan dan yang kedua adalah perangkat lunak on-demand yang dikembangkan berdasarkan permintaan dari pengguna atau stakeholders. Keduanya harus dapat di terima oleh pengguna. Ini menandakan bahwa perangkat lunak harus mudah dimengerti, mudah digunakan, compatible dengan sistem dan yang terpenting adalah sesuai dengan kebutuhan.
4) Dapat diandalkan
Perangkat lunak dikembangkan untuk mengerjakan berbagai fungsi spesifik. Untuk mencapai fungsi tersebut, aspek keandalan perlu diperhatikan. Perangkat lunak tidak boleh menyebabkan kerusakan fisik atau ekonomi jika terjadi kegagalan sistem atau error serta menjamin aspek kemanan dan keselamatan. 
 
b. Aspek dan Elemen pada Gim
 
Menurut Fullerton dalam bukunya yang berjudul “Game Design Workshop” aspek-aspek yang membuat sebuah gim menjadi gim adalah terdapat pada gim dapat digambarkan sep
erti gambar dibawah ini:

Menurut Teresa Dillon elemen-elemen dasar sebuah gim adalah:
1) Game rule 
merupakan aturan perintah, cara menjalankan, fungsi objek dan karakter di dunia permainan. Dunia gim bisa berupa pulau, dunia khayal, dan tempat-tempat lain yang sejenis yang dipakai sebagai setting tempat dalam permainan gim.
2) Plot
biasanya berisi informasi tentang hal-hal yang akan dilakukan oleh player dalam gim dan secara detail, perintah tentang hal yang harus dicapai dalam gim.
3) Tema 
biasanya ada pesan moral yang akan disampaikan karakter atau pemain sebagai karakter utama maupun karakter yang lain yang memiliki ciri dan sifat tertentu.
4) Object 
merupakan sebuah hal yang penting dan biasanya digunakan pemain untuk memecahkan masalah, ada kalanya pemain harus punya keahlian dan pengetahuan untuk bisa 
memainkannya.
5) Text, graphic and sound 
biasanya merupakan kombinasi dari media teks, grafik maupun suara, walaupun tidak harus semuanya ada dalam permainan gim.
6) Animasi 
merupakan hal yang selalu melekat pada dunia gim, khususnya untuk gerakan karakter-karakter yang ada dalam gim, properti dari objek.
7) User Interface  
merupakan fitur-fitur yang mengkomuni kasikan user dengan gim.
 
Demikian materi tentang Aspek dan Elemen pada Perangkat Lunak dan Gim in, semoga bermanfat bagi kita semua.
Terimakasih.

0 Comments